Jumat, 01 Juni 2012

MONSIEGNEUR ALBERTUS SOEGIJAPRANATA, SJ

. Jumat, 01 Juni 2012

 

Albertus-Soegijapranata

Nama          : Mgr. Albertus Soegijapranata, SJ (ejaan nama Sugiyopranoto)

Lahir            : 25 November 1896

Tempat        : Soerakarta, Jawa Tengah

Meninggal    : 22 Juli 1963 (66 Tahun)

Tempat        : Steyl, Venlo – Belanda

Beliau adalah vikaris Apostolik semarang, yang kemudian menjadi uskup semarang. Dan juga merupakan uskup seorang pribumi indonesia pertama dan dianugerahi sebagai Pahlawan Nasional RI oleh Presiden Soekarno yang berdasarkan SK Presiden RI no 152 tahun 1963 tertanggal 26 Juli 1963. Beliaupun dimakamkan di Taman Makan Pahlawan Giritunggal, Semarang.

Soegija adalah nama kecil beliau, yang lahir disebuah keluarga kejawen yang merupakan abdi dalem keraton Kasunan Surakarta.

Beliau belajar di kolese Xaverius yang didirikan oleh Pastor Fransicus Georgius Josephus van lith, SJ. Sekolah ini adalah pindahan dari sekolah di lampersari semarang. Soegijapranata dibaptis di Muntilan oleh Pastor Meltens, SJ dengan mengambil nama Albertus Magnus.  Dari didikan di sekolah inilah beliau berminat menjadi Imam, yang kemudian di kirim ke Belanda untuk belajar di Gymnasium yang diasuh oleh Ordo Salib Suci/ Ordo Sanctae Crucis (OSC) di Uden, propinsi Noord-Brabant (Brabant Utara), disana beliau belajar bahasa latin dan yunani.

Kemudian beliau masuk Novisiat SJ di Mariendaal, Grave. Disini beliau bertemu dengan Pastor Willekens, SJ yag kelak menjadi Vikaris Apostolik Batavia. Pada 22 September 1922 Soegija mengucapkan kaul prasetia yang pertama.

- 1923-1926 belajar filsafat di kolese Berchman, Oudenbosch.

- 1926-1928 Kembali ke Muntilan mengajar di kolese Xaverius Muntilan.

- Agustus 1928 kembali belajar ke Belanda untuk belajar Teologi di Maastricht.

- 15 Agustus 1931 Menerima Sakramen Imamat dan ditahbiskan oleh Mgr. Schrijnen, Uskup Roermond di kota Maastricht dan namanya bertambah Pranata sehingga menjadi Soegijapranata.

- Tahun 1933 kembali ke Indonesia dan mulai bekerja di Paroki kidulloji, Jogyakarta sebagai pembantu Pastor selama 1 tahun.

- Tahun 1934 Pindah ke Paroki Bintaran hingga tahun 1940.

- 1 Agustus 1940, Mgr. Willekens, SJ (Vikaris Apostolik Batavia) menerima telegram dari Roma yang berbunyi "from propaganda fide Semarang erected Vicaris stop, Albert Soegijapranata, SJ appointed Vicar Apostolic titular Bishop danaba stop you may concecrete without bulls" dan ditanda tangani oleh Mgr. Montini yang kelak menjadi Paus Paulus VI. Setelah menerima telegram dari Roma yang disampaikan oleh Mgr. Willekns, SJ (Vikaris Apostolik Batavia) lalu beliau pun menjawab : "Thanks to his holiness begs benediction"

- 6 November 1940 Ditahbiskan menjadi Uskup pribumi Indonesia pertama untuk Vikaris Apostolik Semarang oleh Mgr. Willekens, SJ (Vikaris Apostolik Batavia), Mgr. AJE Albers, O.Carm (Vikaris Apostolik Malang) dan Mgr. HM Mekkelholt, SCJ (Vikaris Apostolik Palembang)

- Tahun 1943 bersama Mgr. Willekens, SJ menghadapi penguasa pendudukan pemerintah Jepang dan berhasil mengusahakan agar Rumah Sakit St. Carolus dapat berjala terus.

Sebagai apresiasi pengabdian dan penghormatan atas jasa2-nya, nama Sugiyopranoto diabadikan menjadi nama sebuah jalan di Surakarta, Kota Tempat kelahirannya.



Lihat Peta Lebih Besar

Dan dibuat sebuah film berjudul Soegija yang bereder 7 Juni 2012 yang di sutradarai oleh Garin nugroho; Penulis oleh Armantono & Grain Nugroho.

 

Albertus-Soegijapranata_2

Wikipedia Sumber

 

0 Pendapatmu:

 
Hadie-Littha_1979 To Blogger.com | Template by Hadie-Littha_1979