Senin, 23 April 2012

PENGERTIAN CLUB MOTOR

. Senin, 23 April 2012

 

TJT on MEdiaTigerjakartatimur on media 

         Terlebih dahulu pengertian Organisasi secara umum adalah identik dengan sekelompok individu yang berada dalam sebuah sistem atau Pengertian lain dari organisasi adalah wadah untuk sekelompok individu berinteraksi dalam wewenang tertentu. Organisasi yang di bentuk terdiri dari berbagai kelompok yang memiliki kepentingan yang sama untuk mewujudkan tujuan bersama. Jadi, dalam sebuah organisasi, terdapat beberapa pola hubungan antar-individu yang memiliki tanggung jawab masing-masing dalam mewujudkan tujuan organisasi. Dengan demikian, pola hubungan ini membentuk suatu budaya organisasi, komitmen organisasi, serta perilaku organisasi yang dapat di lihat dan dikaji. Budaya organisasi di tandai dengan adanya sharing atau berbagi nilai dan keyakinan yang sama dengan seluruh anggota organisasi. Sharing inilah yang dapat mempengaruhi perilaku orang-orang dalam sebuah organisasi. Perilaku organisasi sendiri merupakan seperangkat tindakan yang ada dalam sebuah organisasi. Perilaku organisasi melihat bagaimana tingkat individu, tingkat kelompok, serta kinerja baik secara individu, kelompok, maupun organisasi itu untuk berinteraksi satu sama lain. Perilaku organisasi berusaha untuk mengontrol, memprediksi dan menjelaskan, pembagian tugas dan tanggung jawab para anggota dalam sebuah organisasi.

HTCI, ATJ, TJT Honda Tiger Club Indonesia

Dari pengertian organisasi sudah dijelaskan maka kita menuju arti klub motor itu sendiri.

Klub motor itu adalah satu wadah yang dapat menampung aspirasi serta keinginan para anggotanya berdasarkan mufakat dan kesepakatan pada waktu awal pembentukan oleh para founder (pendiri) nya atau bisa juga perkumpulan yang melakukan kegiatan untuk maksud dan tujuan tertentu yang mempunyai struktur organisasi yang jelas dan mempunyai aturan main yaitu AD/RT. Pada dasarnya suatu klub itu akan hadir dari satu habitat atau ketertarikan yang sama. Misalnya satu merek motor dari satu pabrikan.

 

TJT_4tigerjakartatimur

 

  Seperti klub motor TIGER JAKARTA TIMUR yang berlokasi di daerah Buaran, klub ini mempunyai struktur organisasi yang dibentuk dari hasil kongres. Klub ini beraneka ragam latarbelakang para anggotanya dari mahasiswa hingga ke pengusaha. Malahan klub ini didaftarkan sebagai Ormas di kantor walikota jakarta timur dengan nomor  Inventarisasi: 144/1.862.45. Untuk lebih menguatkan posisi dalam percaturan club motor baik di Jakarta maupun di Indonesia, TIGER JAKARTA TIMUR pun bergabung sebagai salah satu anggota dari ASOSIASI TIGER JAKARTA selain itu TIGER JAKARTA TIMUR juga adalah anggota dari HONDA TIGER CLUB INDONESIA (wadah tertinggi club Tiger di Indonesia). Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan klub ini selalu melalui proses ijin ke pihak berwenang, khususnya klub TIGER JAKARTA TIMUR ini selalu melakukan kegiatan-kegiatan positif seperti pertandingan futsal, bulu tangkis bahkan hingga bakti sosial yang diadakan secara rutin masuk dalam agenda tahunan kepengurusan. Klub TIGER JAKARTA TIMUR selalu menerapkan safety riding saat touring atau melakukan aktifitas sehari-hari dan juga mematuhi aturan lalu lintas. Dan TIGER JAKARTA TIMUR mempunyai bengkel khusus anggotanya (milik perorangan) yang terletak di daerah buaran. Kembali lagi kepembahasan mengenai klub, yang pada awalnya memang club motor akan dijadikan sebagai tolak ukur atas kesuksesan suatu produk pabrikan motor itu sendiri. Setelah berjalannya waktu entah karena alasan latah atau cuma sekedar meramaikan di kehidupan dunia motor , akhirnya terlahir banyak club-club motor yang menjamur di berbagai daerah, mulai dari club yang di bawah bendera pabrikan jenis motor itu sendiri, hingga yang berdasarkan hobi atau sekedar perkumpulan. Jumlahnya pun tidak sedikit di setiap daerah sudah memiliki ratusan club motor.

Kegiatan-kegiatan club motor ini menurut saya sangat lebih banyak positif-nya, karena mereka di wajibkan untuk tanggung jawab atas atribut atau bendera yang mereka pakai. Dan tak jarang kegiatannya di dukung oleh pihak TNI, Kepolisan maupun oleh organisasi-organisasi masyarakat yang lain.

Semoga para pembaca bisa membedakan sendiri antara klub motor dengan Geng motor yang selama ini membuat hal-hal negatif dalam kegiatannya.

Sumber link :

http://www.tiger-club.or.id/

http://panglimaaccessories.blogspot.com

http://tri-pd.blogspot.com

http://indonesiantourismontheworld.blogspot.com

 

 

0 Pendapatmu:

 
Hadie-Littha_1979 To Blogger.com | Template by Hadie-Littha_1979