Motor sport di Indonesia kelas 250cc memang lagi digandrungi oleh para pecinta motor 250cc. Kelas 250cc yg dahulu hanya dikuasai oleh Ninja 250cc walau Megelli 250cc juga coba mengusik, tapi N250cc tetap kuat. Simak ulasan motor sport 250cc dari produsen Honda, Kawasaki & Minerva.
1. Kawasaki Ninja 250 CC
Berawal tahun 2007 sampai awal 2011 motor sport model Ninja 250 ini belum ada tandingannya walau suzuki sudah mengeluarkan Thunder 250, tp memang tidak sehebat Ninja 250 ini dalam hal penjualan. Yang dimana para peminat Ninja 250 ini lebih melihat tampilannya yang begitu sport ditambah full fairing. Pernah saya mencoba Ninja 250, memang beban motor begitu berat yg tidak sebanding dengan tubuh saya, tp pada saat tarikan pertama begitu mantab apalagi dengan knalpot yg digantin dengan Free Flow, memang Ninja 250 ini mantab saat dibawa dengan kecepatan 100km/jam, tp saat dibawa dalam keadaan macet, baru terasa beratnya motor ini dan juga tidk bisa leluasa bermanuver. Coba lihat spek Ninja 250 ini :
Model type | EX250, GPX250 |
Dimensi (inch) | 81.9x28.0x43.9 (PxLxT) |
Seat height (inch) | 30.7 |
Engine | 249cc, liquid cooled, paralel twin with twin keihin CVK30 |
Top speed | +/- 110 mph (177 km/h) |
Power | +/- 25 hp (19 kw) |
Torque | 21.7 N-m (16.0 lb-ft) @ 10,000rpm |
Transmission | 6 speed |
Suspensio front | 37mm Hydraulic, Telescopic fork |
Rear | Link Uni-Trak with 5-way Adjustable Preload |
Brakes Front | Single 260mm, Hydrualic Disc with Two-Piston Caliper |
Brakes Rear | Single 2200mm petal disc with Two-piston caliper |
Tires Front | 110/70-17 |
Tires Rear | 130/70-17 |
Weight | 333 lb (151 kg) |
Kapasitas Tangki | 18 Liter |
Dilansir dari blogger ngetop Juragan Rondo, Ninja 250R menggunakan engine 4 stroke paralel twin, DOHC, liquid cooled, 8 valves dan dilengkapi dengan counterbalancer. Dengan engine segitu, power yang dihasilkan dapat mencapai 36HP pada 11000RPM. Torsi yang dihasilkan dapat mencapai 24Nm pada 10000 RPM. Startingnya pun udah menggunakan electric yang ciri khas moge saat ini. Compression rationya juga cukup tinggi yaitu 12.4:1. Carburator nya menggunakan 2 Keihin CVK30. Sistem kopling menggunakan tipe basah. Suspensi depan menggunakan hydraulic telescopic fork, dan belakang menggunakan unitrack mono shock. Remnya depan dan belakang sudah pakai disc. Ban depan menggunakan ukuran 100/80-16, dan belakang menggunakan 130/80-16. Dengan berat 138 kg, power-to-weight ratio motor ini mencapai 0.26 HP/kg
Saat ini, Ninja 250 dibanderol Rp 46,5 juta…selisih 2,5 juta dengan harga di Thailand yang Rp 44,1 juta, selisih yang masuk akal dan ternyata mumpuni untuk menarik pembeli…
2. HONDA CBR 250
Motor yang lagi ramai jadi pembicaraan dan di ulas di sana sini, Motor yang belum resmi ngaspal di tanah air ini, diprediksi akan menjadi lawan tangguh yang akan menggoyang kekuatan Ninja 250, yang selama ini main aman sendirian, hmm… apakah Motor baru Yang di CBU AHM dari thailand sono mampu menggoyahkan eksistensi Ninja..? tunggu dulu, kita lihat spek si CBR ini..
Model type | Honda MC41 |
Dimensi (m) | 2,035x0,72x1,125 (PxLxT) |
Wheelbase | 1,370 |
Ground Clearanca (m) | 0,145 |
Tinggi jok (m) | 0,780 |
Mesin | CS250RE, liquid cooled, 4 tak DOHC single silinder |
Displacement | 249cc |
Bore x Stroke (mm) | 76.0x55.0 |
Compression ratio | 10,4 : 1 |
Suplai bahan bakar | Injeksi PGM-FI |
Kapasitas tangki | 13 liter |
Transmission type | 6 Speed |
Ban depan | 110/70-17M/C |
Ban belakang | 140/70-17M/C |
Rem | Cakram hidrolik |
Suspensi | Telescopic (front), swing arm (pro-link suspension system) (rear) |
Frame type | Diamond |
Dari data di atas tentu bro semua punya gambaran perbandingan power dan segala kelebihan serta kekurangannya tentang Senopati AHM ini dibanding si Ninin, yang paling bikin kaget adalah perbandingan harga, dimana menurut rumor yang berkembang CBR 250 Abs akan di banderol Rp 48 juta dan non Abs Rp 45 juta, padahal di Thailand sono harga nya dibanderol sekitar Rp 30 jutaan untuk non ABS, berarti naik sekitar 15 juta dengan harga di Indonesia… wuih-wuih, bandingin dengan harga Ninja 250 yang cuma naik 2,5 juta… Edyan tho.. Yowis biar waktu yang bicara
3. Minerva Megelli 250
Motor besutan Minerva Motor Indonesia ini kemungkinan hanya sebagai penggembira saja di kelas sport seprapat liter, Padahal tampilan barunya cukup mempesona dengan rangka yang khas moge juga harga yang jauh lebih bersahabat di banding kompetitor, tidak menjadikanya laris penjualan, hal ini tidak lepas dari nama baru di pasar Indonesia, juga jaringan 3S yang belum luas. Bagi yg penasaran berikut spesifikasi :
Engine Type | SOHC, Air Cooled With Advance Balancer Shaft |
Bore x Stroke (mm) | 72,5 x 59,8 |
Displacement (cc) | 247cc |
Compression Ratio | 11,2 : 1 |
Carburettor Type | MV30P |
Max Power (Hp/RPM) | 20,5/8500 |
Max Torque (NM/RPM) | 18/6000 |
Transmission | 5 Speed |
Gear shift Pattern | 1-N-2-3-4-5 |
Gear Ratio | 1st (2,769), 2nd (1,722), 3rd (1,318), 4th (1,125), 5th ( 0,962) |
Battery Type | 12V 9Ah |
Head Light L/H = (R,L) | 35 w |
Suspension | Telescopic (front), Mono shock (Rear) |
Wheel Type | Rim 2.75x17 (100/70x17) Front, Rim 3.50x17 ( 130/70x17) Rear |
Weight | 123 kg |
Seat Height (mm) | 800 |
Wheelbase (mm) | 1.350 |
Ground Clearance (mm) | 200 |
Kapasitas Tangki | 11 liter |
Frame Type | Multi twin spar trellis Cnfiguration |
Data harga motor ini pun bervariasi :
Megelli Type | harga |
250S | 26.000.000 |
250M | 27.200.000 |
250R | 29.200.000 |
250SE | 27.900.000 |
250ME | 28.900.000 |
250RE | 31.900.000 |
250RV | 34.900.000 |
Sumber : http://triatmono.wordpress.com
0 Pendapatmu:
Posting Komentar