Jumat, 01 April 2011

Kebaikan Air bagi Kesehatan

. Jumat, 01 April 2011

 

Kebaikan Air bagi kesehatan Illustrasi : Minum air untuk kesehatan

Mengkonsumsi air sangat bermanfaat bagi kesehatan, antara lain adalah menjaga keseimbangan pH pada tubuh, menjaga suhu tubuh, melancarkan metabolisme, menjaga kesehatan pernafasan, mencegah konstipasi, rasa panas pada perut, sakit kepala sebelah (migrain), radang dan infeksi lambung, batu ginjal, penyakit kardiovaskuler, nyeri sendi, sakit punggung dan osteoporosis.

Selain itu, konsumsi air juga sangat penting bagi ibu hamil dan menyusui karena dapat mempengaruhi perkembangan janin atau bayinya. Manfaat lainnya yang dimiliki oleh Air adalah dapat menjaga fungsi ginjal dan kesehatan kulit agar tetap sehat. Bukan hanya itu, air juga merupakan komponen penting untuk menghantarkan zat-zat yang berguna bagi tubuh, membersihkan kotoran pada usus, dan memaksimalkan semua fungsi sistem organ tubuh.

Manfaat air bagi kesehatan telah diakui oleh ahli kesehatan di berbagai belahan dunia. Semua makhluk hidup membutuhkan air bagi aktivitas metabolisme mereka. Begitu pentingnya air pada tubuh kita, hingga tidak dapat dibayangkan seseorang dapat hidup tanpa air. 2/3 berat tubuh manusia mengandung air. Bahkan di setiap organ tubuh manusia mengandung air, seperti darah yang mengandung 83% air, otot 75%, dan otak sebanyak 22%.

Air juga berperan penting dalam menjaga fungsi sirkulasi tubuh, pernafasan, sistem pengeluaran, sistem syaraf, sistem metabolisme, kulit dan pencegahaan berbagai penyakit lainnya.

Air memiliki banyak peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh, berikut adalah salah satu fungsi-fungsi terpentingnya:

  • Keseimbangan pH: Perubahan asam bisa timbul dari makanan atau minuman yang kita konsumsi, hal ini dapat menimbulkan penyakit atau hilangnya kemampuan tubuh dalam mencerna vitamin dan mineral. Maka dari itu tubuh manusia harus menjaga kesimbangan pH sekitar 7,35 – 7,45 dengan cara mengkonsumsi air. Karena kadar pH ini adalah kadar yang tepat bagi tubuh untuk menyerap oksigen ke dalam tubuh, sehingga energi pada tubuh juga lebih tinggi dan sistem imun jadi lebih baik dalam menghadapi penyakit. 
  • Suhu Tubuh: Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari cairan, dan cairan inilah yang berperan dalam mengatur suhu tubuh manusia. Seperti yang terlihat saat berkeringat, yaitu tubuh melepaskan keringat saat panas untuk mengurangi panas berlebih dalam tubuh sehingga mengurangi suhu tubuh yang tinggi tersebut. Semua pengaturan suhu tubuh seperti ini dilakukan dan bergantung pada asupan air yang ada pada tubuh kita.
  • Metabolisme: Air berfungsi sebagai penghantar oksigen, nutrisi, hormon, serta zat lainnya ke berbagai bagian tubuh dan menjadi media dalam menghilangkan racun ringan, sel-sel mati, dan kotoran pada tubuh, dll. Selain itu, protein dan enzim yang diperlukan dalam beberapa proses penting dalam tubuh juga memerlukan air agar berfungsi dengan baik.
  • Pernafasan: Dalam pernafasan, air berfungsi untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh sekaligus mengambil karbondioksida untuk dikumpulkan dan dikeluarkan dalam bentuk uap air.
  • Konstipasi, rasa panas pada perut,migrain, radang dan infeksi lambung: Penyakit-penyakit ini timbul berkaitan dengan kurangnya asupan air pada tubuh. Penyakit-penyakit ini dapat dicegah dengan mengkonsumsi air secara cukup dan teratur.
  • Batu Ginjal: Menurut penelitian Lembaga Internasional Batu Ginjal , untuk mencegah munculnya batu ginjal diperlukan konsumsi air sebanyak 2 liter atau 10 gelas air setiap harinya. Hal ini dikarenakan air adalah bahan pelarut terbaik yang tidak akan membiarkan garam dan mineral lainnya berakumulasi dan membentuk batu ginjal. Kandungan garam pada ginjal ini akan diurai oleh air dan dikeluarkan melalui urin.
  • Penyakit Kardiovaskuler: Air dapat mencegah berkembangnya penyakit kardiovaskuler pada tubuh. Karena, air dapat menjaga kekentalan darah dan plasma, serta melancarkan distribusi fibrinogen dalam tubuh. Oleh karena itu, hidrasi yang cukup sangat disarankan, sehingga komponen vasukler dapat bekerja maksimal.
  • Nyeri Sendi:  Tulang sendi pada tubuh manusia sangat rentan terjadi gesekan dan kerusakan akibat iklim. Hal ini dapat dicegah dengan mengkonsumsi air yang cukup. Karena konsumsi air yang tidak cukup dapat menjadi pemicu timbulnya nyeri sendi pada tubuh Anda.
  • Sakit Punggung: Bagian belakang tubuh manusia tergantung pada urat syaraf tulang belakang. Sedangkan tulang belakang ini sebagian besar terdiri air, maka dari itu tidak mengherankan jika konsumsi air yang tidak cukup dapat memicu sakit punggung.
  • Osteoporosis: Menurut penelitian yang diadakan oleh Lembaga Pauling Linus, konsumsi air yang cukup dapat mengurangi resiko tubuh terkena osteoporosis dan patah tulang.
  • Perempuan Hamil & Menyusui: Kondisi janin pada ibu hamil sangat bergantung pada sang ibu. Untuk itu diperlukan asupan cairan yang cukup agar darah dapat bekerja maksimal dan mengantarkan semua nutrisi yang diperlukan dari ibu ke janinnya. Selain itu masalah konstipasi, infeksi kandung kemih, dan anus yang biasa terjadi pada kebanyakan ibu hamil, dapat dihindari dengan mengkonsumsi air lebih banyak.
  • Fungsi Ginjal: Kotoran tubuh yang berbentuk urea sangat beracun bagi jaringan tubuh dan harus dicairkan sebelum dikeluarkan dari dalam tubuh. Untuk itu dibutuhkan air sebagai “pelarut universal”.
  • Kesehatan Kulit: Air berfungsi mengatur dan meregulasi kesimbangan alami kulit. Air yang baik bagi kulit adalah air hangat, karena air hangat memiliki kemampuan untuk menghidrasi, meremajakan, mendetoksifikasi, memberi oksigen pada kulit, menghilangkan komedo dan memperkecil pori-pori. Selain itu, mengkonsumsi air juga dapat membuat tubuh lebih rileks dan segar, serta dapat menggantikan kelembapan kulit yang hilang karena aktivitas sehari-hari. 

Begitu banyak manfaat air yang dirasakan oleh tubuh kita. Maka dari itu, sangat penting agar kita mengkonsumsi air dengan cukup setiap harinya. Ayo mulailah konsumsi air dengan cukup setiap hari dan rasakan manfaat air bagi kesehatan tubuh Anda.

Sumber    : www.aqua.com

0 Pendapatmu:

 
Hadie-Littha_1979 To Blogger.com | Template by Hadie-Littha_1979